Selasa, 29 Juni 2010

Sisi Egois Seorang Guru......(Kisah 4)


Sebagai Guru Aku Cukup Egois

Aku tahu,
sebagai seorang guru aku selalu ingin kelihatan sempurna dimata kalian
padahal aku sadar, sebagai seorang manusia biasa,
aku punya banyak kekurangan bahkan mungkin melebihi kalian.
keegoisanku membuatku tidak ingin menampakkannya......

Aku tahu,
Kadang-kadang aku menghukum kalian bila telat menghadiri kelasku,
tanpa berusaha mengerti alasannya
Tapi aku tak pernah meminta kalian menghukumku bila aku yang terlambat
padahal aku sadar, seharusnya aku bersikap fair pada kalian
keegoisanku membuatku acuh saja dengan kekuranganku

Aku tahu,
Kadang-kadang aku mengeluarkan kata-kata yang kasar, raut wajah yang masam
bila sedang menjelaskan pelajaran pada kalian
padahal aku sadar, kalau kalian adalah sosok yg beragam dalam kepandaian,
keegoisanku membuatku tak sabar menghadapi kalian

Aku tahu,
Kadang-kadang aku memaki kalian karena malas bersekolah, dan menghakimi kalian
tanpa berusaha mengerti "KENAPA"...
padaha aku sadar, seharusnya aku mencari sebab dibalik keacuhan kalian pada sekolah
keegoisanku membuat aku lupa dengan kemanusiaan

Aku tahu,
Kadang-kadang tanganku dengan cepat mendarat di telinga, perut atau tangan kalian
ketika marah dengan tingkah kalian yang mengesalkanku....
padahal aku sadar, seharusnya aku menegur kalian dengan cara yang lebih lembut
dan penuh kesabaran
keegoisanku membuat aku kehilangan kelembutan dan kesabaranku

Aku tahu,
Kadang-kadang aku datang di hadapan kalian dengan wajah yang lesu, tanpa semangat
atau bahkan terlihat marah, sehingga aku banyak merepotkan kalian dengan ratusan
nomor tugas, latihan atau apapun itu....
padahal aku sadar, seharusnya aku mengesampingkan persoalanku ketika berada di antara kalian
keegoisanku membuatku tidak melaksanakan kewajibanku dengan baik.

Tapi.......
aku menghukum kalian ketika terlambat...
marah pada kalian ketika tak mengerti ajaranku...
memaki kalian ketika malas bersekolah.....
menjewer dan mencubit ketika kalian berlebihan dalam bertingkah
memberikan banyak tugas ketika sedang bad mood...
semua itu karena aku ingin kalian menjadi orang yang lebih baik, lebih pintar
dan jauh lebih berkualitas dibanding diriku....
dan yang terpenting adalah

aku tidak ingin kalian egois seperti diriku.....


Makassar 290210.....

0 komentar:

Posting Komentar